Kamis, 13 September 2018

Masjid Putra Jaya, Masjid Terapung yang Fenomenal - Putrajaya sendiri merupakan dalam wilayah Negara Malaysia, dan pusat pemerintahan administratif. Tak hanya itu Putrajaya juga termasuk dalam Kota Modern yang dilengkapi dengan fasilitas mewah.

Nah, itulah mengapa Kota Wilayah Putrajaya ini memang banyak memberikan atau catatan sejarah baru mengenai perencenaan kota modern di negeri ini. Apa wisata Religi yang dapat Anda berkunjung di Malaysia?

Masjid Putra Jaya Malaysia
Masjid Putra Jaya
Masjid Putra Jaya
Negara Malaysia sendiri dalam penduduk mayoritas Muslim, serta pusat dalam menebarkan agama islam, dan juga menjadi tempat ibadah.

Maka dari hal tersebut, pada pemerintahan dipimpin oleh Mahathir Muhammad saat itu. Wilayah Putra Jaya didirikan sebuah masjid besar yang bersebelahan dengan kantor Pemerintah Perdana Mentri Malaysia, dengan nama Perdana Putra.

Pengambilan Nama dan Pembangunan
Bangunan ini mengapung di Danau, dan setelah itu diberi nama Masjid Putra yang diambil dari sebuah nama Perdana Menteri, Malaysia yang Pertama yakni Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj. Masjid ini juga termasuk salah satu kebesaran dan landmark Kota Putrajaya.

Untuk batu pertama atau awal pembangunan pada tahun 1997 dan finish setelah dua tahun kemudian. Posisi bangunan ini berhadapan dengan Danau bernama Putrajaya. Nah, dari Masjid inilah dapat dilihat dengan jelas keindahan danau yang luas dan kawasan seantero Putrajaya yang begitu indah serta asri.

Penyebab banyak yang mengatakan Masjid ini terapung dilihat dari jauh, disebabkan lokasi pembangunan ini berada di bibir Danau Putrajaya. Lokasinya juga hampir menutupi setengah Danau, maka dari itu Masjid Putra tersebut terlihat seperti terapung-apung di permukaan Danau.

Depan Masjid Putra, Anda dan yang lainnya. Bisa melihat pemandangan lapangan luas dengan bentuk persegi, dengan tiang-tiang bendera negara bagian Malaysia berjejer di lapangan.

Sebelum Anda masuk mengunjungi masjid ini,  akan menghadapi pada sebuah bangunan gerbang masjid yang begitu tinggi dan megah. Gerbang ini dihiasi berbentuk geometris yang merupakan ciri Masjid dengan arsitektur Islam seni kaligrafi yang indah. Gerbang itu juga mirip seperti Masjid Raja Hassan II di Casablanca di Maroko.

Gerbang itu dibuat dengan material dari sebuah granit warnanya merah juga dipadu kayu cengal bercorak cokelat, untuk meningkatkan fitur dekoratif pada bagian pintu, jendela dan panel. Gerbang tersebut juga dilengkapi ruang informasi dan tangga menuju tempat wudhu pada lantai dasar.

Masjid Putra Jaya
Masjid Putra Jaya
Bangunan masjid dari interior dan eksterior dominan warna merah muda, menggabungkan ciri-ciri arsitektur modern dan tradisional, yakni dengan mengadopsi seni arsitektur Negeri Persia zaman Kerajaan Safawi dan beberapa elemen yang berasal dari Budaya Muslim.

Kawasan Putrajaya, adalah kawasan familiar bagi masyarakat Malaysia sebagai kawasan pemerintahan negara. Namun bagi wisatawan, kawasan ini dikenal sebagai tempat untuk memanjakan mata dengan segenap pemandangannya.

Putrajaya merupakan sebuah daerah/distrik di Kuala Lumpur yang terkenal dengan bangunan-bangunan ciamik dan menarik.

Bangunan-banguna khas bergaya Timur Tengah (Middle East) dan modern banyak berdiri megah di kawasan ini. Anda akan takjub dengan lingkungan sekeliling apabila berada di Putrajaya.

Yang menarik di kawasan Putrajaya adalah sang ikon kawasan ini, Masjid Putrajaya. Masjid ini sendiri diberi nama Masjid Putra yang diambil dari nama Perdana Menteri Malaysia pertama, Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj.
Masjid Putra Jaya

Bangunan Masjid ini salah satu bagian terpenting di era modern dan wisata religi Malaysia. Untuk periode pembangunan nya sendiri dimulai sejak tahun 1997 dan selesai pada tahun 1999 sekitar dua tahun.

Masjid dengan kubah warna kemerahan jingga dibangun dengan granit berwarna merah, dan bisa menampung 15.000 jamaah sekaligus.

Masjid ini sendiri terdiri dari Tiga Area Utama: Ruang Shalat, Sahn atau Lapangan, dan beragam ruang kegiatan dan fasilitas belajar.

Ruang shlatnya begitu sederhana, indah, dan banyak penyangga sebesar 12 pilar. Titik tertinggi di bawah kubah masjid sendiri 80 meter di atas tanah.

Bangunan menaranya sangat memukau mata memandang, Anda akan terpengaruh oleh menara tersebut yang di desain langsung oleh Masjid Sheikh Omar di Baghdad. Tinggi 116m, inilah salah satu menara masjid yang tertinggi di kawasan ini, dan terdapat lima tingkatan, mencerminkan lima pilar agama Islam.

Jika ingin berwisata ke Negeri Jiran Malaysia, inilah yang kami rekomendasi untuk Anda. Bisa langsung melihat juga sang ikon, Masjid Putra Jaya atau Masjid Terapung. Tidak ingin kesasar, bisa langsung hubungi travel terdekat dan terpercaya Anda.