Rabu, 03 Oktober 2018

Jenis Kubah Masjid Yang ada di Indonesia - Kubah memang tidak bisa lepas dari yang namanya masjid. Kubah dalam bahasa Inggris adalah Dome, Kubah sebenarnya tidak ada sejarahnya di dalam dunia islam namun setelah Masjid Qubbat as Sakhrah di Yerussalem membuat kubah masjid pertama maka kini, kubah seakan menjadi sesuatu bangunan mutlak masjid.
Jenis Kubah Masjid di Indonesia

beberapa macam type kubah masjid dan juga Bahan bahan yang di gunakan untuk pembuatan kubah masjid dalam jual kubah masjid sangatlah beraneka macam : 

1. Kubah masjid bahan panel enamel
Jenis Kubah Masjid
kubah yang terbuat dari panel enamel yakni kubah yang sekarang ini tengah trend di kelompok kontraktor kubah masjid serta pembuat kubah masjid, di karenakan kubah masjid yang mempunyai bentuk kotak kotak atau berbentuk iris ketupat yang membuat bagian kubah itu. 

Bahan dasar yang di gunakan mempunyai dua type yang seringkali di gunakan untuk pembuatan kubah masjid bahan panel enamel yaitu plat zincalume serta plat baja low carbon yang di lapisi oleh enamel. Bahan zincalume yang dimaksud logam gabungan yang terdiri dari seng serta alumunium yang ringan serta tentunya juga tahan karat. 

2. Kubah masjid bahan galvalum
Kubah masjid galvalum

Kubah masjid galvalum yang dimaksud satu di antara bahan material dari kubah yang cukup di pertimbangkan dalam sebuah pembuatan serta pembangunan dari sebuah masjid ataupun kubah masjid, kubah masjid yang terbuat dari baja ringan sendiri yang sampai sekarang ini sudah melalui banyak serangkaian rangkaian uji coba dari lembaga instansi sebuah penelitian dari banyak ahli, kubah masjid galvalum yang sudah teruji kelolosan dari ketahanan serta potensi yang tersambung dengan keselamatan dari setiap individu. 

Terdapat beberapa keunggulan yang ada di kubah masjid galvalum salah satunya : tahan pada panas, tahan pada karat, tahan pada cuaca, mempunyai daya rekat yang fleksibel serta bisa menetralkan pada cuaca. 

3. Kubah masjid grc
Kubah masjid grc

GRC ialah kepanjangan dari glassfibre reinforce cement yang terbuat berbahan gabungan kombinasi yang diantaranya yakni semen, pasir halus yang di perkuat dengan glassfibre alkali resistence, dengan bahan itu bisa membuat suatu resistence yang kuat untuk berjumpa dengan cuaca yang beriklim serta dengan juga cahaya ultraviolet. 

Kubah masjid grc juga di kompliti dengan susunan yang ringan hingga dalam pemasangan kubah masjid grc tidak terlalu merepotkan serta kubah masjid grc mempunyai peluang yang begitu minim dalam keretakan dibandingkan dengan kubah masjid yang lainnya. 

4. Kubah masjid stainless steel
Kubah masjid stainless steel

Kubah masjid stainless yang terbuat berbahan bahan logam logam yang mengkilat hingga kubah akan tampak cantik, kubah masjid stainless juga dapat di gunakan untuk masjid besar, musholla kecil atau yang bisaanya di ucap dengan surau. Kubah masjid stainless steel begitu popular karenanya ada banyak product produk kubah dengan harga yang begitu relative dapat dijangkau serta tentunya juga mempunyai kualitas yang tinggi. 

Kubah masjid stainless steel juga terbuat dari beberapa material yang popular yang memiliiki ketahanan yang lumayan lama serta mempunyai kemampuan kubah itu. Kubah itu mempunyai keunggulan yakni : kubah stainless steel termasuk ringan serta tidaklah terlalu berpengaruh pada bangunan masjid, termasuk juga dalam masjid yang anti kebocoran serta anti karat yang di karenakan kubah itu terbuat memiliki bahan stainless yang spesial, serta yang terakhir yakni kubah masjid stainless steel begitu tahan lama sampai mencapai beberapa puluh puluhan thun lamanya. 

Itulah beberapa jenis kubah masjid yang ada di indonesia, semoga tulisan ini bisa menambah wawasan serta manfaat bagi pembaca semua. Amien