Minggu, 30 September 2018

Masjid Tiban Turen Malang, Masjid Yang di Bangun Jin dalam 1 Malam - Membaca judulnya saja kita terfikirkan apa iya ada masjid yang dibangun oleh jin? Masjid Tiban Turen Malang kabarnya dan konon memang di bangun oleh ribuan jin dalam sehari saja. Mengingat warga disana banyak yang mengatakan seperti itu. Apakah Itu Mitos Atau Fakta? Mari simak ulasan berikut ini.

Mengenal Masjid Tiban Turen Malang
Masjid Tiban Turen Malang

Masjid Tiban berada di dalam Pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri' Asali Fadlaailir Rahman. Alamatnya berada di Jalan KH Wahid Hasyim, Gang Anggur, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. 

Ornament warna biru serta putih menguasai bangunan masjid, ditambah sentuhan kaligrafi menghias semua dinding. Tidak ayal tempat ini menjadi tujuan favorite wisata religi di Kabupaten Malang. 

Dengar-dengar, ada cerita masjid berlantai 10 ini, konon dibuat kurun waktu semalam oleh pasukan jin. Akan tetapi hal tersebut cepat-cepat dibantah pengurus masjid. Julukan masjid tiban, kesannya mendadak masjid yang langsung jadi. Padahal masjid ini dibikin 10 tahun. 

"Itu rumor, dan salah," kata Rochman, petugas jaga pos masjid tiban ini.

Menurut Rochman, masjid dibuat oleh Romo Kiai Haji Ahmad Baru juga Pengasuh Pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri' Asali Fadlaailir Rahman. Itu sebabnya masjid ini ikut ada pada sebuah kompleks dengan pesantren. 

"Pengasuh mulai membangun semenjak tahun 1968 serta baru diresmikan tahun 1978 kemarin. Tidak benar jika menyebutkan masjid tiban," tegasnya. 
Masjid Tiban Turen Malang
Masih tetap kata Rochman, masjid berdiri diatas tempat seluas tujuh hektar serta berlantai sepuluh. Tujuan dibangunnya masjid ini ialah untuk menyembuhkan penyakit hati. 

"Menjadi obat penyakit hati," tuturnya lirih. 

Nah, jika menurut admin, masjid ini ornamennya justru mirip beberapa tempat wisata di Spanyol karya seniman Antoni Gaudi, yakni Park Guell. Park Guell banyak juga bermain dengan mosaik keramik sampai demikian indahnya. 

Karena sangat luasnya, komplek masjid mempunyai bangunan lainnya di sekelilingnya tidak hanya bangunan utama masjid sekaligus juga pondok pesantren. Ada pujasera atau tempat toko berjualan ada di lantai lima, lantai di bawahnya adalah ruang besar untuk pekerjaan beribadah. 
Masjid Tiban Turen Malang
Di lantai dasar, aula dengan kursi-kursi besar ada, serta ada spesial ruang dengan aquarium berisi ikan arwana tidak jaub dari aula. Saat awal masuk lantai dasar, pengunjung juga bakal menyusuri lorong panjang dengan dinding berarsitek ukiran kaligrafi. 

Kompleks masjid juga mempunyai halaman cukup luas, ruang parkir, toilet, dan tempat istirahat untuk pengunjung wanita dan pria selama berada dalam masjid. Luas banget! 

"Lantai teratas ialah gunung, kita menyebutnya," papar Rochman.