Rabu, 13 Februari 2019

Malang - Gempa bumi dengan magnitudo 5 mengguncang Malang, Jawa Timur, pada Kamis dinihari, 14 Februari 2019. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa terjadi pukul 02.58 WIB.
gempa bumi malang

Melalui akun Twitter resminya, BMKG mengumumkan, pusat gempa berjarak 123 kilometer dari arah barat daya Kabupaten Malang. “Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer,” demikian cuit BMKG.

Gempa ditaksir berada di koordinat 9,34 Lintang Selatan dan 11,53 Bujur Timur. Sejumlah wilayah di sekitar Malang turut terdampak guncangan. Menurut informasi yang dipaparkan, gempa juga dirasakan hingga Donomulyo. Selain itu, Selopuro, Wlingi, Kota Blitar, dan Bantur turut terdampak.

Masih dalam Twitter-nya, BMKG gempa yang terjadi tak berpotensi tsunami. Adapun BMKG belum menyertakan keterangan lebih lanjut ihwal ada atau tidaknya korban jiwa dan kerusakan akibat peristiwa tersebut.

Berdasarkan tatanan tektoniknya, Pulau Jawa dipengaruhi oleh zona penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di sebelah selatan. Kondisi tersebut juga memberikan kontribusi tektonik berupa keberadaan sesar-sesar aktif di daratan.


Pusat gempa bumi berada di Samudera Indonesia di selatan wilayah Jawa Timur.

Dampak gempa bumi

BMKG menyebutkan bahwa guncangan gempa bumi dirasakan di Donomulyo, Selopuro, Wlingi, Kota Blitar dan Bantur dengan intensitas II-III MMI (Modified Mercalli Intensity).

Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena meskipun berpusat di laut namun energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan deformasi di bawah laut.


Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada informasi terkait kerusakan yang diakibatkan gempa bumi ini.