Senin, 25 Februari 2019

5 Amalan Yang Mudah Dilakukan Namun Pahalanya Besar - Kaum muslilmin yang dirahmati Allah, di antara yang di ajarkan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pada kita ialah rutin mengamalkan amalan shalih walau amalan itu sedikit serta mudah, atau bahkan juga dipandang sepele oleh beberapa orang. Akan tetapi ternyata tanpa kita kira, ternyata amalan itu memiliki kandungan pahala yang besar. 
5 Amalan Yang Mudah Dilakukan Namun Pahalanya Besar
Berikut ialah beberapa amalan yang mudah serta ringan untuk dikerjakan, akan tetapi besar pahalanya, berdasar pada hadits yang shahih: 

Pertama, membaca : subhaanallaahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘adzim 

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada dua kalimat yang di cintai oleh Allah, mudah di lisan, serta berat ditimbangan: (yakni bacaan) subhaanallaahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘adzim [Mahasuci Allah serta dengan memujiNya, Mahasuci Allah Yang Maha agung]” (HR. Al Bukhari) 

Ke-2, wudhu dengan sempurna serta membaca do’a, seperti hadits berikut: 

Dari Umar bin Khattab, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang berwudhu dengan sempurna, lalu selesai wudlu ia membaca: asyhadu allaa ilaha illallah wa anna muhammadan abdullahi wa rasuuluh [aku bersaksi jika tanpa sesembahan yang memiliki hak disembah selain Allah, serta bahwasanya Muhammad ialah hamba Allah dan RasulNya], maka dibukakan untuk dia pintu surga yang banyaknya delapan, serta ia bisa masuk dari pintu mana saja yang ia sukai.” (HR. Muslim) 

Ke-3, hadir shalat jumat di awal waktu, dengan memperhatikan adabnya. 

Dari Aus bin Aus Ats Tsaqafi, jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang membersihkan (kepalanya) serta membersihkan (semua tubuhnya) pada hari jum’at (mandi besar, ed.), lantas pergi ke masjid pagi-pagi, serta ia mendapatkan khutbah dari awal, ia berjalan serta tidak naik kendaraan, ia mendekat ke khatib, konsentrasi mendengarkan khutbah serta tidak bicara maka tiap-tiap jalannya (dinilai) seperti pahala puasa serta shalat malam selama satu tahun.” (HR. Abu Dawud, At tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, serta dinilai shahih oleh Al Albani) 

Abu Zur’ah menjelaskan: “Saya belum pernah menjumpai satu hadits yang menceritakan pahala yang besar dengan amal yang sedikit yang lebih shahih dari hadits ini.” 

Ke empat, shalat dhuha dua rakaat 

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Setiap ruas tulang kalian harus disedekahi, tiap-tiap tasbih, tahmid, tahlil, serta takbir bernilai sedekah, amar ma’ruf nahi munkar bernilai sedekah, serta semua keharusan sedekah itu dapat tertutupi dengan dua rakaat shalat dhuha.” (HR. Muslim & Abu Dawud) 

Ke lima, berdzikir di masjid setelah shubuh. 

Dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, lalu masih duduk di masjid sampai keluar matahari, lalu shalat dua rakaat maka ia mendapatkan pahala haji serta umrah, sempurna.” (HR. At Tirmidzi serta dinilai hasan oleh Al Albani)

Itulah 5 Amalan Yang Mudah di Kerjakan Namun Berpahala besar. Semoga kita bisa selalu istiqomah menjalankan kebaikan-kebaikan itu tadi.. terimakasih sudah berkunjung dan selamat beraktifitas.